Antisipasi

Antisipasi itu bukanlah sebuah ramalan

Begitu banyak informasi yg mungkin mengakibatkan salah pengertian. Salah satunya adalah pengertian ramalan, antisipasi, earlywarning (peringatan dini) dan istilah kebencanaan yang lain yg berasal dari beberapa tulisan yg ditulis oleh para ahli kebumian.

Hampir semua ahli kebencanaan alam (gempa, tanah longsor, banjir dll) sering menggunakan antisipasi akan datangnya sebuah kejadian bencana, banyak yg menyebutkan juga istilah gempa 100 tahunan, gempa 50 tahunan, atau 250 tahunan, berikutnya nanti gempa bulanan dan harian Hal ini juga berlaku bagi banjir 50 tahunan, 100 tahunan dsb.

Apa iya kalau sudah terjadi kejadian bencana yg disebutkan sebagai bencana 100 tahunan, maka kejadian lainnya yang besarnya sebesar 100 tahunan baru akan terjadi 100 tahun lagi ?
Bukan begitu tentu maksudnya…. karena gejala yg sebesar 100 tahunan bisa saja terjadi dalam kurun waktu kurang dari 100 tahunan …. Salahsatunya seandainya ada sebuah periodisitas yg munculnya lebih lama dari 100 tahunan …. wah bikin mumeth ya ?

Antisipasi itu mempunyai selang waktu juga periodisasinya hanya berdasarkan catatan yg sudah ada saja, baik catatan sejarah maupun catatan di alam. Gempa yang besarnya seperti gempa 100 tahunan bisa saja terulang dalam waktu 10 tahun berikutnya. Hal ini seperti yang terjadi di Chile menurut Pak Danny Hilman Natawijaya peneliti gempa-bumi di Indonesia. Belajar dari zona subduksi di Pacifik (Kamtchaka – Chile), pernah terjadi 7 gempa besar hanya dalam kurun waktu 10 tahun, dari 1955 – 1965.
Nah yg terpenting adalah pengenalan daerah-daerah potensial bencana. Pengenalan daerah-daerah yg memiliki peluang besar mengalami bencana. Kenalilah daerah sekelilingmu. Ketahui potensi bencana apa yg ada disekitarmu. Dan yg lebih penting lagi, kalau terjadi kemana harus menyelamatkan diri.

Jadi jangan tunggu ramalan ya !
Antisipasi itu mengajak kita untuk selalu waspada.

5 Tanggapan to “Antisipasi”

  1. prayoga andry Says:

    waw….. apakah benar seperti itu!!!!! tahnx a lot yeee, dah nmpilin aertikel ini!!!!! gud job

  2. kaoskaki123 Says:

    Antisipasi tanah longsr??????, gimana mo antisipasi, pemerintahnya aj mikirin diri sendiri kek orang GOBLOG!!!!!!
    WKWKWKWKWWWKKWKWKK JUST KIDDING

    ARTIKEL LW KEREN2 DAH !!!!!!!!! GOD BLESS

  3. wadhuh serem amat yak, klo mpe ada gempa 100 tahunan…

    aduh jangan sampe-jangan sampe…

  4. Ce@_Ry y@n6 1mo3t Says:

    wah, antisipasi ya?????? bagus sich, tapi percuma kal0 cuma ngomong doank…. g da bUktInyA!!!! kan k0rBan jaDi tamBah bAnyaK…. kan kAsihan tuCh…. tApi , artikeLnyA baGus k0k… PINTER!!!!!! trus beRjuAng yaCh….

  5. Wez pst w buktiin dunx hrs..Nah KL u ndri gMn..??
    nm u cp c.? ko mSh update ja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: